Rubrik
Finansial
Berita Utama
International
Metropolitan
Naper
Nusantara
Bisnis & Investasi
Opini
Olahraga
Jawa Tengah
Humaniora
Politik & Hukum
Berita Yang lalu
Pustakaloka
Swara
Otonomi
Audio Visual
Rumah
Teknologi Informasi
Fokus
Jendela
Otomotif
Furnitur
Agroindustri
Musik
Dana Kemanusiaan
Properti
Muda
Pergelaran
Didaktika
Teropong
Ekonomi Rakyat
Telekomunikasi
Wisata
Sorotan
Pendidikan
Makanan dan Minuman
Esai Foto
Perbankan
Pengiriman & Transportasi
Investasi & Perbankan
Pendidikan Dalam Negeri
Kesehatan
Bahari
Ekonomi Internasional
Ilmu Pengetahuan
Pixel
Bingkai
Bentara
Pendidikan Luar Negeri
Info Otonomi
Tentang Kompas
Kontak Redaksi

 

 

Politik & Hukum
Selasa, 27 Januari 2004

Visa Kedatangan Siap Dioperasikan
Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Yusril Ihza Mahendra memastikan mulai 1 Februari 2004, Pemerintah Indonesia memberlakukan kebijakan baru visa on arrival (visa saat kedatangan) kepada orang asing dari 21 negara dan satu wilayah.

UU Kepresidenan Sebaiknya Selesai Sebelum 20 Oktober
Undang-Undang (UU) Kepresidenan sebaiknya sudah selesai dibahas sebelum presiden hasil pemilu mendatang dilantik pada tanggal 20 Oktober 2004.

Penyelesaian Kasus Mei Terbentur DPR
Hasil penyelidikan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia terhadap kasus kerusuhan Mei 1998 yang diserahkan kepada Kejaksaan Agung sejak September 2003, hingga kini tidak jelas kelanjutannya, bahkan tersangkanya belum ada.

Mahasiswa Akan Desak Parpol Tandatangani Kontrak Politik
Mahasiswa akan mendesak semua partai politik untuk bersedia terikat dalam suatu kontrak politik tertulis selama masa kampanye, khususnya ketika berkampanye di kampus.

Umat Konghucu Minta Diperlakukan Sama
Umat Konghucu mengharapkan agar mereka diperlakukan sama sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Sampai kini, mereka tidak dapat mencantumkan agama Konghucu di kartu tanda penduduk (KTP), pendidikan di sekolah, maupun pencatatan perkawinan di Kantor Catatan Sipil.

Parpol Harus Segera Umumkan Calon Presiden Dan Wapres
Desakan agar partai-partai politik segera mengumumkan nama calon presiden dan wakil presiden yang didukungnya, terus bermunculan.

Majelis Kasus Akbar Tandjung Batal Bertemu
Penyelesaian kasus kasasi mantan Menteri Sekretaris Negara Akbar Tandjung di Mahkamah Agung makin tidak jelas. Hari Senin (26/1) saat yang seharusnya majelis bertemu untuk menentukan waktu permusyawaratan ternyata batal.

Kapal Perang Libya Terlalu Tua buat TNI AL
Tawaran Presiden Libya Moammar Khadafy untuk menghibahkan sejumlah kapal perang milik Pemerintah Libya, disambut baik oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut.

Panwas Terima 1.148 Kasus Pelanggaran Pemilu
Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwas) sampai minggu ketiga Januari 2004 telah menerima 1.148 laporan/temuan pelanggaran dan sengketa pemilu.

Darurat Sipil Papua Pilihan Berbahaya
Usulan agar status Darurat Sipil diterapkan di Papua, adalah usul berbahaya, karena berpotensi memicu konflik serta memecah belah rakyat Papua.

Isu Politisi Busuk buat Golkar
Isu politisi busuk menjelang Pemilu 2004 merupakan isu yang sengaja direkayasa pihak-pihak tertentu dan diarahkan kepada Partai Golkar.

Belum Diatur, Cuti Kampanye Pejabat
Rapat terbatas kabinet yang dipimpin Presiden Megawati Soekarnoputri di Istana Negara, Senin (26/1), belum juga memutuskan aturan kampanye yang dilakukan oleh para pejabat negara.

Puluhan Ribu Warga Banten Belum Terdaftar
Sekitar 50.000-60.000 warga Provinsi Banten belum terdaftar sebagai calon pemilih tetap dalam Pemilihan Umum 2004.

Terdakwa Bom Marriott Diancam Hukuman Mati
Sidang pertama kasus bom Hotel JW Marriott dengan terdakwa M Rais, salah seorang dari 20 pelaku peledakan lainnya, mulai digelar hari Senin (26/1) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

400-an Caleg Tidak Lolos
Komisi Pemilihan Umum Selasa (27/1) siang ini akan mengadakan rapat pleno untuk menetapkan calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat yang lolos dan tidak lolos.

KPK Belum Miliki Penyelidik dan Penuntut
Meski sudah bekerja hampir sebulan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum juga memiliki tenaga penyelidik dan penuntut.

Lain Kampanye, Lain Kenyataan
KAMPANYE merupakan sarana bagi partai politik untuk menawarkan program kepada masyarakat. Maksudnya, agar mereka memilihnya dalam pemilu.

Ketika Ritual Lima Tahunan Tiba
BEKAS banjir masih terlihat di tempat tinggal para pemulung di samping Graha Elnusa, Kelurahan Cilandak Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pertengahan Januari lalu.

Search :
 
 

 

 

Design By KCM
Copyright © 2002 Harian KOMPAS